Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
Berita

Gaji 13 Pensiunan PNS: Kena Potong atau Tidak?

48
×

Gaji 13 Pensiunan PNS: Kena Potong atau Tidak?

Share this article
94265 ilustrasi gaji upah uang rupiah thr besaran gaji ke 13 2022 pns freepik
Example 468x60

Apakah Gaji 13 Pensiunan PNS Kena Potongan? Pertanyaan ini menjadi perbincangan hangat menjelang Hari Raya Idulfitri. Pasalnya, gaji 13 merupakan tunjangan yang sangat dinanti oleh para pensiunan PNS untuk memenuhi kebutuhan hidup dan merayakan hari raya bersama keluarga.

Pemberian gaji 13 bagi pensiunan PNS diatur dalam peraturan perundang-undangan yang jelas. Artikel ini akan mengupas tuntas dasar hukum, ketentuan, mekanisme pembayaran, dan potensi pemotongan gaji 13 bagi pensiunan PNS.

Dasar Hukum Pemberian Gaji 13

Apakah Gaji 13 Pensiunan PNS Kena Potongan

Pemberian gaji 13 bagi pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki dasar hukum yang jelas dalam peraturan perundang-undangan.

Dasar hukum tersebut antara lain:

  • Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara
  • Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil
  • Peraturan Menteri Keuangan Nomor 55/PMK.05/2020 tentang Tata Cara Pemberian Gaji Ketiga Belas kepada Pegawai Negeri Sipil, Pensiunan Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan

Ketentuan Pemberian Gaji 13

Pemberian gaji 13 kepada pensiunan PNS diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan.

Besaran Gaji 13

Besaran gaji 13 yang diterima pensiunan PNS sama dengan gaji pokok pensiun yang diterima setiap bulannya. Gaji pokok pensiun ini dihitung berdasarkan golongan dan masa kerja terakhir sebelum pensiun.

Tidak terdapat perbedaan besaran gaji 13 berdasarkan golongan atau masa kerja. Semua pensiunan PNS akan menerima gaji 13 dengan besaran yang sama, yaitu gaji pokok pensiun yang diterimanya setiap bulan.

Mekanisme Pembayaran Gaji 13

Mekanisme pembayaran gaji 13 bagi pensiunan PNS diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Sipil Negara, Pensiunan Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan.

Pembayaran Gaji 13

Gaji 13 dibayarkan penuh kepada pensiunan PNS yang masih hidup pada tanggal 1 Juli tahun berjalan. Pembayaran dilakukan bersamaan dengan gaji pensiun bulan Juli.

Pembayaran Gaji 13 Bagi Ahli Waris

Jika pensiunan PNS meninggal dunia sebelum tanggal 1 Juli, maka gaji 13 dibayarkan kepada ahli waris yang sah. Pembayaran dilakukan sebesar gaji pokok pensiunan yang terakhir diterima.

Pemotongan Gaji 13

Gaji 13 bagi pensiunan PNS merupakan hak yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2023. Namun, apakah gaji 13 ini dikenakan pemotongan?

Jenis-Jenis Pemotongan Gaji 13

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2023, gaji 13 bagi pensiunan PNS dikenakan pemotongan sebagai berikut:

  • Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21
  • Iuran Wajib Pegawai (IWP) bagi pensiunan yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan
  • Potongan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

Dasar Hukum Pemotongan, Apakah Gaji 13 Pensiunan PNS Kena Potongan

Pemotongan gaji 13 bagi pensiunan PNS diatur dalam:

  • Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2023
  • Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan
  • Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15/PMK.03/2010 tentang Pajak Penghasilan Pasal 21 atas Penghasilan Pegawai Negeri Sipil, Pensiunan Pegawai Negeri Sipil, dan Penerima Pensiun

Contoh Pembayaran Gaji 13

Apakah Gaji 13 Pensiunan PNS Kena Potongan

Pembayaran gaji 13 bagi pensiunan PNS dihitung berdasarkan gaji pokok dan tunjangan yang diterima saat masih aktif bekerja. Berikut contoh perhitungan gaji 13 bagi pensiunan PNS dengan berbagai golongan dan masa kerja:

Golongan Masa Kerja Gaji Pokok Tunjangan Gaji 13
III/a 20 tahun Rp 2.500.000 Rp 500.000 Rp 3.000.000
IV/a 25 tahun Rp 3.000.000 Rp 600.000 Rp 3.600.000
IV/b 30 tahun Rp 3.500.000 Rp 700.000 Rp 4.200.000

Perhitungan gaji 13 di atas belum termasuk pemotongan pajak penghasilan (PPh). Pemotongan PPh akan dihitung sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dampak Pembayaran Gaji 13: Apakah Gaji 13 Pensiunan PNS Kena Potongan

Pembayaran gaji ke-13 bagi pensiunan PNS memiliki dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan dan kondisi keuangan mereka. Dampak ini dapat bersifat positif maupun negatif, tergantung pada beberapa faktor seperti kondisi keuangan dan perencanaan keuangan pensiunan.

Dampak Positif

  • Meningkatkan Kesejahteraan: Gaji ke-13 dapat meningkatkan kesejahteraan pensiunan dengan menyediakan dana tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, biaya kesehatan, atau kegiatan rekreasi.
  • Mengurangi Beban Keuangan: Gaji ke-13 dapat membantu pensiunan mengurangi beban keuangan dengan melunasi utang atau menabung untuk masa depan.
  • Meningkatkan Daya Beli: Gaji ke-13 dapat meningkatkan daya beli pensiunan, memungkinkan mereka membeli barang dan jasa yang sebelumnya tidak terjangkau.

Dampak Negatif

  • Pengeluaran Berlebih: Gaji ke-13 dapat mendorong pensiunan untuk mengeluarkan uang secara berlebihan, yang dapat menyebabkan masalah keuangan di kemudian hari.
  • Inflasi: Pembayaran gaji ke-13 dapat berkontribusi pada inflasi, karena peningkatan permintaan akan barang dan jasa.
  • Ketergantungan: Gaji ke-13 dapat menciptakan ketergantungan bagi pensiunan, yang mungkin merasa sulit untuk menyesuaikan diri jika pembayaran tersebut dihentikan.

Implikasi bagi Kesejahteraan dan Kondisi Keuangan

Dampak pembayaran gaji ke-13 bagi pensiunan PNS bergantung pada kondisi keuangan dan perencanaan keuangan individu. Pensiunan yang memiliki kondisi keuangan yang sehat dan rencana keuangan yang baik dapat memanfaatkan gaji ke-13 untuk meningkatkan kesejahteraan dan keamanan finansial mereka. Namun, bagi pensiunan yang berjuang secara finansial, gaji ke-13 dapat memperburuk masalah keuangan mereka jika tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi pensiunan untuk mempertimbangkan dampak potensial dari gaji ke-13 dan merencanakan penggunaannya dengan bijak.

Ringkasan Terakhir

Servants salary kenya servant

Pembayaran gaji 13 bagi pensiunan PNS memiliki dampak positif dan negatif. Di satu sisi, tunjangan ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan kondisi keuangan pensiunan. Namun di sisi lain, pemotongan gaji 13 dapat mengurangi jumlah tunjangan yang diterima. Pemerintah perlu mempertimbangkan dengan bijak potensi pemotongan ini untuk memastikan kesejahteraan pensiunan PNS tetap terjaga.

Pertanyaan Populer dan Jawabannya

Apakah gaji 13 pensiunan PNS dipotong pajak?

Tidak, gaji 13 pensiunan PNS tidak dipotong pajak.

Apakah gaji 13 pensiunan PNS dikenakan iuran BPJS Kesehatan?

Ya, gaji 13 pensiunan PNS dikenakan iuran BPJS Kesehatan sebesar 1%.

Apakah gaji 13 pensiunan PNS dibayarkan sekaligus?

Ya, gaji 13 pensiunan PNS dibayarkan sekaligus.

Example 120x600