Bupati Kasmarni Paparkan Tindak Lanjut Hasil Evaluasi SAKIP dengan Kemenpan RB

JAKARTA|INTENSNEWS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis paparkan tindak lanjut... Artikel Bupati Kasmarni Paparkan Tindak Lanjut Hasil Evaluasi SAKIP dengan Kemenpan RB pertama kali tampil pada intensnews.co.id.

Jul 8, 2024 - 11:48
 0  4
Bupati Kasmarni Paparkan Tindak Lanjut Hasil Evaluasi SAKIP dengan Kemenpan RB

twitter sharing button

JAKARTA|INTENSNEWS – Pemerintah Kabupaten Bengkalis paparkan tindak lanjut hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2023 dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) bertempat di kantor Kemenpan RB Jakarta, Selasa 31 Oktober 2023.

Paparan tersebut disampaikan langsung  oleh Bupati Bengkalis Kasmarni dihadapan Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Satu, Kemenpan RB Akhmad Hasmi.

Pemaparan Pemerintah Kabupaten Bengkalis Implementasi SAKIP 2023 kali ini, merupakan tindak lanjut dari hasil evaluasi Tim Evaluator Kemenpan RB sebelumnya yang mana menambah perbaikan atas catatan hasil evaluasi SAKIP 14 September lalu.

Adapaun rekomendasi perbaikan tersebut terdiri dari memastikan aplikasi Si-CAKEB berjalan dengan baik, indikator perjanjian kinerja perangkat daerah yang masih output, target dan indikator pada sasaran strategis, justifikasi terhadap perubahan PK prototype serta membuat reward dan punishment.

Kemudian orang nomor satu di Negeri Junjungan itu juga memaparkan aksi penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Bengkalis, alur penggunaan Si-CAKEB, penjenjangan dan penyelarasan serta capaian indikator daerah.

Bupati Kasmarni dikesempatan itu turut mengapresiasi serta mendorong  Perangmat Daerah terkait untuk lebih meningkatkan capaian yang diraih sebelumnya.

“Tahun 2022 lalu, Alhamdulillah Bengkalis mendapat penilaian SAKIP dengan nilai 67,44 Predikat B. Kita berharap tahun ini Bengkalis dapat penilaian lebih baik lagi,” harapnya.

Lebih lanjut Bupati menambahkan, penetapan program kegiatan di seluruh PD harus berdasarkan pada SAKIP yang didalamnya merupakan penjabaran visi dan misi dengan program prioritas sebagai implementasinya.

“Semua rangkaian dimaksud mengamanatkan birokrasi pemerintahan untuk mewujudkan akuntabilitas kinerja melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau SAKIP.  Hal ini mengandung arti bahwa semua unit kerja birokrasi pemerintahan harus menetapkan Program dan Kegiatan berdasarkan Visi dan Misi, kemudian diuraikan ke dalam jenis kegiatan yang paling prioritas,” ungkap Bupati.

Diakhir paparannya Bupati Kasmarni berharap kepada Asisten Deputi dan Tim Evaluator untuk memberikan bimbingan agar Bengkalis bisa menjadi kabupaten yang mampu mewujudkan perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemetintahan yang semakin baik.

Sementara Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Satu, Kemenpan RB Akhmad Hasmi menyimak dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan pemkab Bengkalis.

“Kami senang jika Bengkalis bisa melakukan hal baik. Kami terima kasih atas tindak lanjut dari evaluasi yang dilakukan oleh Pemkab Bengakalis. Tata kelola yag baik akan membuat pertahanan  pemerintah daerah menjadi baik juga,” tuturnya.

Turut terlihat hadir Sekretaris Daerah Bengkalis Ersan Saputra TH, Inspektur Daerah Bengkalis Radius Akima, Kepala Dinas (Kadis) Kominfotik Hendrik Dwi Yatmoko, Kedis PUPR Ardiansyah, Kadis Dukcapil Ismail, Kadis Pendidikan Hadi Prasetyo, Kadis Parbudpora Edi Sakura, Kadis Perkim Supardi.

Lalu Kepala Bappeda Rinto, Kepala BPKAD Aready, Plt Kadisnaker Salman Alfarisi, Plt Kadis Kesehatan  Ermanto, Plt. Kadis Sosial Eji Marlina serta Tim SAKIP Kabupaten Bengkalis lainnya.Jhon/Dskom Inf.

Artikel Bupati Kasmarni Paparkan Tindak Lanjut Hasil Evaluasi SAKIP dengan Kemenpan RB pertama kali tampil pada intensnews.co.id.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow

cakep Blogger