Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
Berita

Cara Tepat Hitung Gaji ke-13 Pensiunan PNS

47
×

Cara Tepat Hitung Gaji ke-13 Pensiunan PNS

Share this article
Intip besaran gaji 13 PNS di 2024 dan jadwal pencairannya 21362606
Example 468x60

Cara Menghitung Gaji 13 Pensiunan PNS – Setiap tahun, pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) berhak menerima gaji ke-13 sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian mereka. Gaji ke-13 ini berbeda dengan tunjangan hari raya (THR) dan memiliki dasar hukum serta perhitungan khusus.

Dengan memahami cara menghitung gaji ke-13 pensiunan PNS, Anda dapat memperkirakan jumlah yang akan diterima dan memastikan bahwa hak Anda terpenuhi sesuai ketentuan yang berlaku.

Pengertian Gaji 13 Pensiunan PNS

Cara Menghitung Gaji 13 Pensiunan PNS

Gaji 13 merupakan tunjangan tahunan yang diberikan kepada pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tunjangan ini diberikan sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian mereka selama menjadi PNS.

Berbeda dengan Tunjangan Hari Raya (THR), gaji 13 tidak berkaitan dengan hari raya keagamaan tertentu. THR diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja PNS selama setahun terakhir, sedangkan gaji 13 merupakan hak pensiunan PNS yang diberikan setiap tahun.

Besaran Gaji 13 Pensiunan PNS, Cara Menghitung Gaji 13 Pensiunan PNS

Besaran gaji 13 pensiunan PNS setara dengan gaji pokok yang diterima pada saat pensiun. Tunjangan ini tidak termasuk tunjangan kinerja dan tunjangan lainnya yang diterima selama aktif menjadi PNS.

Dasar Hukum Gaji 13 Pensiunan PNS

Pemberian gaji 13 bagi pensiunan PNS diatur dalam sejumlah peraturan perundang-undangan, antara lain:

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara

Pasal 80 Undang-Undang ini menyatakan bahwa PNS yang telah memasuki masa pensiun berhak menerima gaji ke-13.

Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil

Pasal 155 Peraturan Pemerintah ini mengatur lebih lanjut tentang tata cara pemberian gaji ke-13 bagi PNS, termasuk pensiunan PNS.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 133/PMK.05/2018 tentang Tata Cara Pemberian Gaji, Tunjangan, dan Fasilitas Lainnya kepada Pegawai Negeri Sipil dan Penerima Pensiun atau Tunjangan

Peraturan Menteri Keuangan ini mengatur secara teknis mengenai mekanisme pembayaran gaji ke-13 bagi pensiunan PNS, termasuk besaran dan waktu pembayarannya.

Komponen Gaji 13 Pensiunan PNS

Gaji 13 pensiunan PNS terdiri dari beberapa komponen yang dihitung berdasarkan ketentuan yang berlaku. Berikut adalah rincian komponen gaji 13 pensiunan PNS:

Komponen Gaji 13 Pensiunan PNS

Komponen Gaji Dasar Perhitungan Rumus Perhitungan
Gaji Pokok Gaji pokok terakhir yang diterima Gaji Pokok x 1
Tunjangan Umum Tunjangan umum terakhir yang diterima Tunjangan Umum x 1
Tunjangan Keluarga Tunjangan keluarga terakhir yang diterima Tunjangan Keluarga x 1
Tunjangan Jabatan Tunjangan jabatan terakhir yang diterima Tunjangan Jabatan x 1
Tunjangan Beras Tunjangan beras terakhir yang diterima Tunjangan Beras x 1
Gaji ke-13 Jumlah komponen gaji di atas Gaji Pokok + Tunjangan Umum + Tunjangan Keluarga + Tunjangan Jabatan + Tunjangan Beras

Cara Menghitung Gaji 13 Pensiunan PNS

Servants salary guyana ranging allowances granger newssourcegy

Gaji 13 merupakan salah satu tunjangan yang diberikan kepada pensiunan PNS setiap tahunnya. Tunjangan ini diberikan untuk membantu pensiunan memenuhi kebutuhan hidupnya, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri.

4. Cara Menghitung Gaji 13 Pensiunan PNS

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghitung gaji 13 pensiunan PNS:

  1. Tentukan dasar perhitungan gaji 13. Dasar perhitungan gaji 13 adalah gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan.
  2. Jumlahkan gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan.
  3. Kalikan hasil penjumlahan pada langkah 2 dengan 12 (jumlah bulan dalam setahun).
  4. Bagi hasil perkalian pada langkah 3 dengan 12 (jumlah bulan dalam setahun).

Contoh Perhitungan Gaji 13 Pensiunan PNS:

Seorang pensiunan PNS memiliki gaji pokok sebesar Rp 5.000.000, tunjangan keluarga sebesar Rp 1.000.000, dan tunjangan jabatan sebesar Rp 500.000.

Maka, gaji 13 yang diterima pensiunan PNS tersebut adalah:

(Rp 5.000.000 + Rp 1.000.000 + Rp 500.000) x 12 : 12 = Rp 6.500.000

5. Pencairan Gaji 13 Pensiunan PNS

Pencairan gaji 13 pensiunan PNS dilakukan bersamaan dengan pembayaran pensiun bulanan. Pensiunan PNS akan menerima gaji 13 secara penuh, tanpa potongan atau pajak apapun.

Mekanisme Pencairan

Pencairan gaji 13 pensiunan PNS dapat dilakukan melalui dua mekanisme:

  • Rekening Bank: Gaji 13 akan ditransfer langsung ke rekening bank pensiunan PNS yang telah terdaftar pada instansi terkait.
  • Pos: Bagi pensiunan PNS yang tidak memiliki rekening bank, gaji 13 dapat dicairkan melalui kantor pos terdekat dengan membawa kartu identitas dan surat keputusan pensiun.

6. Permasalahan dan Solusi Terkait Gaji 13 Pensiunan PNS

Cara Menghitung Gaji 13 Pensiunan PNS

Identifikasi Permasalahan Umum

Pensiunan PNS terkadang menghadapi permasalahan dalam menerima gaji 13, di antaranya:

– Keterlambatan pembayaran
– Pemotongan gaji yang tidak jelas
– Kesalahan dalam perhitungan gaji

Solusi untuk Mengatasi Permasalahan

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, beberapa solusi dapat diterapkan:

Komunikasi yang Efektif: Pensiunan PNS harus menjalin komunikasi yang baik dengan instansi terkait untuk memastikan kejelasan informasi terkait pembayaran gaji 13.
Transparansi Pembayaran: Instansi terkait perlu memberikan informasi yang transparan tentang proses pembayaran gaji 13, termasuk jadwal pembayaran dan rincian pemotongan.
Verifikasi Perhitungan: Pensiunan PNS disarankan untuk memeriksa kembali perhitungan gaji 13 yang diterima untuk memastikan tidak ada kesalahan. Jika ditemukan kesalahan, mereka dapat mengajukan koreksi.
Layanan Pengaduan: Instansi terkait harus menyediakan layanan pengaduan yang efektif bagi pensiunan PNS yang mengalami masalah terkait gaji 13.
Koordinasi Antar Instansi: Koordinasi yang baik antara instansi terkait, seperti BKN, PT Taspen, dan Kementerian Keuangan, sangat penting untuk memastikan kelancaran proses pembayaran gaji 13.

Ulasan Penutup

Mengetahui cara menghitung gaji ke-13 pensiunan PNS sangat penting untuk memastikan bahwa hak Anda sebagai pensiunan terpenuhi. Dengan memahami komponen dan rumus perhitungan, Anda dapat memperkirakan jumlah yang akan diterima dan menghindari potensi permasalahan.

Panduan Tanya Jawab

Apakah gaji ke-13 pensiunan PNS sama dengan THR?

Tidak, gaji ke-13 dan THR berbeda. Gaji ke-13 diberikan sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian, sedangkan THR diberikan sebagai tunjangan hari raya.

Apa dasar hukum pemberian gaji ke-13 pensiunan PNS?

Dasar hukum pemberian gaji ke-13 pensiunan PNS adalah Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Sipil Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan.

Example 120x600