Melalui Musyawarah dan Mufakat Romi Resmi Nakhodai PJC Kabupaten Bengkalis

Bengkalis,intensnews.co.id- Romi resmi terpilih sebagai Direktur Cabang Lembaga... Artikel Melalui Musyawarah dan Mufakat Romi Resmi Nakhodai PJC Kabupaten Bengkalis pertama kali tampil pada intensnews.co.id.

Jul 8, 2024 - 11:48
 0  1
Melalui Musyawarah dan Mufakat Romi Resmi Nakhodai PJC Kabupaten Bengkalis

Bengkalis,intensnews.co.id- Romi resmi terpilih sebagai Direktur Cabang Lembaga Pendidikan Wartawan Pekanbaru Journalist Center (PJC) Kabupaten Bengkalis.

Pembentukan PJC Cabang Kabupaten Bengkalis didasari atas Surat Tugas nomor 025/ST-PJC/11/23 tertanggal 9 November 2023 ditandatangani langsung Direktur Utama Lembaga Pendidikan Wartawan Pekanbaru Journalist Center (PJC).

Tak berselang lama, hanya perlu waktu 2 hari pasca menerima surat tugas, Romi langsung bergerak mengumpulkan rekan-rekan jurnalis yang ada di kabupaten yang berjuluk Kota Terubuk itu.

Pemilihan Direktur Cabang Kabupaten Bengkalis dilaksanakan melalui mekanisme musyawarah dan mufakat.

Rapat dihadiri sejumlah alumni PJC diantaranya, Romi dari media satuju.com, Indra wartawan pjsriau.com, Isnadi, Rahmad Dona dari forumkeraktatan.com, Chairul Afrizal, Faisal Rabyn Lesnussa yang akrab disapa Mbah Rob wartawan jetsiber.com, Akbar serta turut hadir wartawan jebatnews.com Defri secara online.

Rahmad Dhona Alumni PJC Tahun 2004 mengatakan, PJC adalah lembaga satu-satunya yang konsisten dan berkomitmen melaksanakan tugas mulia mencerdaskan kehidupan bangsa terutama wartawan.

“PJC dibawah naungan sang guru Jurnalistik mampu melahirkan wartawan hebat. Melalui tangan dinginnya, sejumlah wartawan kini tampil sebagai pemimpin di media besar berkat kepiawaian beliau dalam mendidik. Sosok bapak Wahyudi El Panggabean adalah guru yang komitmennya terhadap peningkatan sumber daya wartawan tak perlu diragukan lagi. Beliau adalah wartawan senior yang memiliki segudang strategi dalam menembus narasumber,” katanya saat menghadiri rapat pembentukan PJC bertempat di Cafe Berlian Hotel, Jalan Yos Sudarso, Bengkalis Kota, Ahad, 12 November 2023 malam.

Jadi sambung Rahmad, dengan adanya PJC di Bengkalis diharapkan mampu memberikan kesempatan lebih besar kepada masyarakat yang ingin belajar jurnalistik.

Ia bercerita, dulu saat masih proses belajar di PJC, dirinya bertanya pada apa yang mau dibuat berita. Sang guru dengan santai menyuruhnya ke lapangan.

Padahal waktu itu sebut Rahmad, dirinya tidak mengerti maksud Sang guru menyuruhnya ke lapangan.

“Sang Guru menyuruh saya keluar, cari burung, dan saya pun keluar, mencari burung tersebut, dari seekor burung bisa berkembang, ke hutan dan permasalah hukum. Belajar dengan beliau tak melulu harus dalam kelas, dengan duduk santai sambil menikmati secangkir ngopi, tanpa disadari ilmu sudah terpatri dalam diri. Ibarat air yang mengalir akan terus mengaliri setiap sela yang dilalui,” ujar Alumi PJC 2004 ini.

Hal senada disampaikan Indra wartawan pjsriau.com usai mengikuti rapat turut memberikan dukungan atas terpilihnya Romi memimpin PJC di Kabupaten Bengkalis.

“Saya berharap besar kepada Direktur Terpilih bang Romi, untuk mampu membuka jalan bagi yang ingin belajar jurnalistik. Karena selama ini untuk belajar ke PJC di Pekanbaru, rekan-rekan terkendala jarak dan waktu bahkan materi. Dengan adanya PJC di Bengkalis ini semoga harapan itu dapat diwujudkan,” paparnya.

Faisal Rabyn Lesnussa wartawan jetsiber.com mengaku, terpilihnya Romi memimpin PJC di Bengkalis bagaikan mendapat cahaya di tengah kegelapan.

“Sosok bang Romi ini adalah pekerja keras dan komitmennya kuat. Jadi saya yakin PJC dibawah komando bang Romi akan membawa cahaya dalam kegelapan. Sehingga harapan untuk memberikan sarana kepada rekan rekan untuk memperdalam ilmu jurnalis dapat terwujudkan,” pungkasnya.

Romi, usai terpilih Direktur Terpilih PJC Cabang Bengkalis mengatakan, akan mewujudkan program PJC terutama mengaplikasikan Visi dan misi PJC di Kabupaten Bengkalis.

“Berbicara PJC sebagai Lembaga Pendidikan Wartawan, tentunya program utamanya adalah pelatihan jurnalistik, karena wartawan dituntut kompeten terhadap jurnalistik, wartawan dituntut taat dengan Kode Etik Jurnalistik,” papar owner tiga media itu.

Jurnalis kata Romi, perlu memahami KEJ serta menguasai Public Speaking. Karena wartawan dituntut harus mampu berkomunikasi dengan baik.

“Tugas wartawan pada dasarnya adalah melakukan wawancara. Jurnalis membutuhkan kemampuan public speaking dalam menggali informasi dengan narasumber. Tujuannya jelas, agar menghindari kesalahpahaman saat berbicara,” beber Romi.

Pemimpin Redaksi riauintegritas.com itu, berkomitmen dalam waktu dekat akan merangkul berbagai kalangan.

“Malam ini turut hadir rekan-rekan dari Jetsiber.com, Hallobintang.com, Riaukontras.com, Forumkerakyatan.com, Jebatnews.com, Nuansapost.com dan masih banyak yang mau ikut dikarenakan berhalangan,” tuturnya.

Romi menegaskan, di PJC ini bukan wadah organisasi wartawan saja. Apapun organisasi wartawan bisa bergabung.

“Di PJC siapapun bisa belajar. Dan yang mau belajar dibukakan pintu selebar-lebarnya. Kalau dulu mau belajar di PJC terkendala jarak, sekarang PJC sudah ada di Bengkalis,” pungkasnya**

Artikel Melalui Musyawarah dan Mufakat Romi Resmi Nakhodai PJC Kabupaten Bengkalis pertama kali tampil pada intensnews.co.id.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow

cakep Blogger