Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example 728x250
Berita

Perbedaan Gaji ke-13 dan THR Pensiunan PNS: Definisi, Perhitungan, dan Dampak

49
×

Perbedaan Gaji ke-13 dan THR Pensiunan PNS: Definisi, Perhitungan, dan Dampak

Share this article
gaji ke 13 pns cair tanggal berapa
Example 468x60

Perbedaan Gaji 13 dan THR Pensiunan PNS – Penghasilan pensiunan PNS terdiri dari berbagai tunjangan, salah satunya adalah gaji ke-13 dan THR. Meski sama-sama berupa tunjangan tahunan, kedua hal ini memiliki perbedaan mendasar yang perlu dipahami.

Dalam artikel ini, kita akan mengupas tuntas perbedaan gaji ke-13 dan THR pensiunan PNS, mulai dari definisi, dasar hukum, komponen, perhitungan, waktu pembayaran, hingga dampaknya terhadap kesejahteraan pensiunan.

Definisi dan Perbedaan Umum

Perbedaan Gaji 13 dan THR Pensiunan PNS

Gaji ke-13 dan THR pensiunan PNS adalah dua jenis tunjangan yang berbeda. Gaji ke-13 merupakan gaji tambahan yang diberikan satu kali dalam setahun, sementara THR adalah tunjangan hari raya yang diberikan dua kali dalam setahun, yaitu menjelang Idul Fitri dan Natal.

Perbedaan mendasar antara gaji ke-13 dan THR adalah tujuan pemberiannya. Gaji ke-13 diberikan sebagai bentuk penghargaan atas kinerja PNS selama setahun terakhir, sedangkan THR diberikan sebagai tunjangan untuk membantu PNS memenuhi kebutuhan selama hari raya.

Dasar Hukum dan Regulasi

Pemberian gaji ke-13 dan THR pensiunan PNS diatur oleh dasar hukum dan peraturan berikut:

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN)

  • Pasal 79: ASN berhak atas gaji ke-13 dan THR yang ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah.

Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada PNS, PPPK, Pensiunan PNS, Pensiunan PPPK, dan Penerima Pensiun

  • Pasal 1: Gaji ke-13 dan THR diberikan kepada pensiunan PNS yang memenuhi persyaratan.
  • Pasal 2: Gaji ke-13 dibayarkan pada bulan Juli, sedangkan THR dibayarkan pada bulan April atau Mei.

Komponen dan Perhitungan

Gaji ke-13 dan THR pensiunan PNS terdiri dari beberapa komponen yang berbeda. Berikut adalah rincian komponen dan cara perhitungannya:

Gaji Pokok

Gaji pokok merupakan komponen utama dari gaji ke-13 dan THR pensiunan PNS. Besaran gaji pokok yang digunakan adalah gaji pokok terakhir yang diterima sebelum pensiun.

Tunjangan Umum

Tunjangan umum meliputi tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan. Besaran tunjangan umum yang dibayarkan sama dengan yang diterima sebelum pensiun.

Tunjangan Kinerja

Tunjangan kinerja hanya dibayarkan pada gaji ke-13. Besaran tunjangan kinerja dihitung berdasarkan capaian kinerja selama setahun terakhir sebelum pensiun.

Tunjangan Hari Raya

Tunjangan hari raya hanya dibayarkan pada THR. Besaran tunjangan hari raya dihitung sebesar satu kali gaji pokok.

Tabel Perbedaan Komponen dan Perhitungan

Komponen Gaji ke-13 THR
Gaji Pokok Ya Ya
Tunjangan Umum Ya Ya
Tunjangan Kinerja Ya Tidak
Tunjangan Hari Raya Tidak Ya

Waktu Pembayaran dan Penerima

Pembayaran gaji ke-13 dan THR pensiunan PNS telah diatur dalam ketentuan pemerintah. Waktu pembayaran dan pihak yang berhak menerima tunjangan ini adalah sebagai berikut:

Waktu Pembayaran

  • Gaji ke-13 dibayarkan paling cepat pada bulan Juni setiap tahunnya.
  • THR dibayarkan paling cepat pada bulan April atau Mei setiap tahunnya.

Penerima, Perbedaan Gaji 13 dan THR Pensiunan PNS

Pihak-pihak yang berhak menerima gaji ke-13 dan THR pensiunan PNS adalah:

  • Pensiunan PNS
  • Janda/duda pensiunan PNS
  • Anak pensiunan PNS yang belum menikah dan masih menjadi tanggungan

Dampak dan Manfaat

Perbedaan Gaji 13 dan THR Pensiunan PNS

Gaji ke-13 dan THR pensiunan PNS memberikan dampak signifikan terhadap ekonomi dan kesejahteraan pensiunan. Berikut penjelasan mengenai dampak positif dan negatifnya:

Dampak Positif

  • Meningkatkan daya beli pensiunan: Gaji ke-13 dan THR memberikan tambahan penghasilan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, seperti biaya kesehatan, pendidikan, dan kebutuhan pokok lainnya.
  • Mendorong konsumsi: Tambahan penghasilan tersebut mendorong konsumsi barang dan jasa, sehingga menggerakkan perekonomian. Peningkatan permintaan dapat menciptakan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi.
  • Menjaga kesejahteraan pensiunan: Gaji ke-13 dan THR membantu menjaga kesejahteraan pensiunan, terutama mereka yang memiliki penghasilan pensiun yang terbatas. Tambahan penghasilan tersebut dapat mengurangi risiko kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup.

Dampak Negatif

  • Tekanan pada APBN: Pembayaran gaji ke-13 dan THR pensiunan PNS membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Hal ini dapat menyebabkan defisit anggaran jika pemerintah tidak mengelola keuangan dengan baik.
  • Potensi inflasi: Peningkatan permintaan yang dipicu oleh gaji ke-13 dan THR dapat memicu inflasi. Jika tidak dikontrol, inflasi dapat mengikis nilai riil dari tambahan penghasilan tersebut.
  • Ketidakadilan: Gaji ke-13 dan THR hanya diberikan kepada pensiunan PNS, sehingga dapat menimbulkan ketidakadilan bagi pensiunan dari sektor lain atau masyarakat umum.

Studi Kasus

Sebuah studi yang dilakukan oleh Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menemukan bahwa gaji ke-13 dan THR pensiunan PNS memberikan dampak positif terhadap konsumsi. Studi tersebut menunjukkan bahwa tambahan penghasilan tersebut meningkatkan konsumsi barang dan jasa, terutama pada sektor makanan, minuman, dan transportasi.

6. Perbandingan dengan Sektor Lain

Selain membandingkan dengan sektor swasta, gaji ke-13 dan THR pensiunan PNS juga dapat dibandingkan dengan tunjangan serupa yang diberikan kepada pensiunan di sektor lain.

Sebagai gambaran, berikut adalah tabel perbandingan tunjangan pensiunan di beberapa sektor:

Perbandingan Tunjangan Pensiunan

Sektor Tunjangan Pensiunan Ketentuan
BUMN Gaji ke-13 dan THR – Diberikan setiap tahun
– Besarannya sama dengan gaji pokok
TNI/Polri Tunjangan Hari Raya (THR) – Diberikan menjelang hari raya keagamaan
– Besarannya sama dengan gaji pokok
Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Gaji ke-13 – Diberikan setiap tahun
– Besarannya sama dengan gaji pokok
Karyawan Swasta THR dan bonus – Diberikan sesuai kebijakan perusahaan
– Besarannya bervariasi

Rencana Masa Depan: Perbedaan Gaji 13 Dan THR Pensiunan PNS

Saver costly workers sweetener retirement money early state shown table

Pemerintah berencana untuk meninjau dan mengevaluasi tunjangan gaji ke-13 dan THR pensiunan PNS secara berkala.

Evaluasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa tunjangan tersebut tetap relevan dan memadai untuk memenuhi kebutuhan hidup pensiunan PNS yang semakin meningkat.

Rekomendasi Peningkatan Tunjangan

  • Penyesuaian berkala: Tunjangan harus disesuaikan secara berkala berdasarkan inflasi dan biaya hidup.
  • Pertimbangan tingkat inflasi: Penyesuaian tunjangan harus mempertimbangkan tingkat inflasi yang dihadapi oleh pensiunan PNS.
  • Penambahan tunjangan lain: Pemerintah dapat mempertimbangkan untuk memberikan tunjangan tambahan, seperti tunjangan kesehatan atau tunjangan hari tua.
  • Skema pensiun yang lebih fleksibel: Pemerintah dapat mengeksplorasi skema pensiun yang lebih fleksibel, memungkinkan pensiunan PNS untuk memilih tingkat kontribusi dan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kesimpulan

Dengan memahami perbedaan antara gaji ke-13 dan THR pensiunan PNS, para pensiunan dapat mengelola keuangannya dengan lebih baik. Pemerintah juga perlu mempertimbangkan untuk meningkatkan tunjangan ini demi kesejahteraan pensiunan yang lebih baik di masa depan.

Pertanyaan dan Jawaban

Apa perbedaan utama antara gaji ke-13 dan THR pensiunan PNS?

Gaji ke-13 merupakan gaji tambahan yang dibayarkan satu kali dalam setahun, sedangkan THR adalah tunjangan yang dibayarkan dua kali setahun, yaitu pada Hari Raya Idulfitri dan Hari Raya Natal.

Bagaimana cara menghitung besaran gaji ke-13 pensiunan PNS?

Gaji ke-13 dihitung berdasarkan gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan yang diterima pensiunan saat masih aktif bekerja.

Apakah pensiunan PNS yang sudah meninggal masih berhak menerima THR?

Tidak, THR hanya diberikan kepada pensiunan PNS yang masih hidup.

Example 120x600